Selasa, 13 Maret 2012

MENULIS ARTIKEL


Menulis artikel bisa jadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang dalam memperkaya wawasan. Tapi terkadang sulit rasanya untuk memunculkan ide yang ada di kepala kita untuk menulis sebuah tema yang tepat. Dalam suatu ketika, kita bisa memikirkan satu ide hingga bermenit-menit lamanya tapi tidak pernah tahu bagaimana menuangkannnya ke dalam sebuah tulisan. Dan hasilnya notebook masih berkelip-kelip tanpa tulisan atau kertas yang ada di meja pun masih putih bersih tanpa coretan sedikitpun –saking seriusnya mikir ide..hehehe..- :D

Dan saya yakin hal itu terjadi di sebagian besar orang dalam waktu yang sama ataupun tidak. Ketika hal itu terjadi ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memunculkan ide dan menuangkannya ke dalam suatu tulisan.

Ø    BLOG
Blog adalah sarana yang tepat untuk memunculkan ide tersebut, melalui diskusi. Banyak orang berbagi pendapat, ide, pengalaman ataupun pertanyaan.
Ø    EMAIL GROUP
Email juga bisa menjadi sarana untuk memunculkan ide. Dengan diskusi dari berbagai topik yang ada, temukan apa yang dicari ataupun hal menarik lainnya. Tidak hanya membantu untuk memunculkan ide dalam menulis artikel, tetapi juga kita bisa menambah jaringan/kolega. Meluncurlah ke Yahoo dan anda akan menemukan berbagai macam group yang sesuai untuk menambah pengetahuan kita, dan tentu saja untuk penulisan artikel.
Ø    SITUS BERITA INTERNET
Mengunjungi situs-situs berita juga tidak ada salahnya demi memperkaya pengetahuan kita. Terutama untuk membantu kita dalam menyempurnakan artikel yang akan kita buat nantinya.
Ø    CEK BERKALA EMAIL
Cek secara berkala email. Siapa tahu ada beberapa topik pembicaraan yang dikirim yang bisa menarik perhatian. untuk itu, record-lah semua hal yang bisa dijadikan referensi dalam kita menyusun artikel.
Ø    LAKUKAN SURVEY/PENGAMATAN
Sebelum melakukan pengamatan, siapkan dahulu beberapa pertanyaan yang bisa membantu kita untuk melengkapi artikel. Atau kita juga bisa mengamati hal-hal di sekitar kita yang menurut kita menarik. Kemudian mulai menuliskannya ke dalam sebuah artikel.

 
Selalu membuka mata dan pikiran kita untuk sebuah hal baru ataupun hal lain yang bisa membantu memunculkan ide sangatlah penting. Jangan lupa siapkan perangkat anda – notebook atau paper – agar anda bisa menulis ide anda dengan segera sebelum “dia” menghilang. <upz,,,hantu kali menghilang.. :D>

Dan yang tidak kalah penting adalah tetap fokus dan selalu berusaha. Jangan takut untuk memberi sedikit bumbu humor pada artikel. Satu lagi yang terpenting adalah menulis dengan hati. Tulislah apa yang ada di pikiran kita dan bantulah orang lain jika ada yang membutuhkan jawaban.


.....GOOD LUCK....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar